Amerika Berhasil Menekuk Pasukan Ecuador (2-1)

              

              

              

Pertarungan sengit sarat emosi tercipta dikala Amerika Serikat menang 2-1 pada perempatfinal Copa America Centenario di CenturyLink Field, Jumat (17/6) pagi WIB. Kedua tim harus bermain dengan 10 pemain semenjak menit ke-52.


Berstatus sebagai tuan rumah ternyata menjadi laba bagi AS, karena mempunyai begitu banyak pertolongan dari ribuan suporter yang menghadiri laga. Tim asuhan Jurgen Klinsman itu bahkan pribadi mengancam dikala Gyasi Zardes melepaskan tendang spekulasi dari luar kotak penalti dikala langgar gres berjalan tiga menit.

Namun kemudian, Ekuador tampaknya lebih menguasai jalannya pertandingan. Tiga peluang didapat melalui Enner Valencia, Jeffeson Montero dan Carlos Grueza. Sayang, upaya mereka masih belum sanggup mengubah keadaan.

Perlahan namun pasti, tim Negeri Paman Sam keluar dari tekanan dan mulai membuatkan permainan. Walhasil, gol pembuka tercipta kala waktu sudah menginjak menit ke-22. Clint Dempsey berhasil luput dari kawalan untuk menyambar umpan silang Jermain Jones dengan sundulan.

Amerika sempat mendapat dua peluang emas melalui Dempsey dan Alejandro Bedoya di menit 27 dan 42. Namun hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 tetap bertahan.

Di babak kedua, langgar berjalan lebih keras menjurus kasar. Sang pengadil bahkan hingga harus mengeluarkan kartu merah untuk kedua tim, Jermain Jones dan Antonio Valencia, karena terlibat keributan di menit ke-52.


Amerika Serikat berhasil memalsukan keunggulan dikala langgar memasuki menit ke-65. Berawal dari pergerakan Dempsey di area kotak penalti, yang mengirim umpan ke tiang jauh, Gyasi Zardes sukses menjebol gawang yang sudah kosong.

Ekuador sempat menipiskan keadaan menjadi 2-1 berkat upaya Michael Arroyo. Bintang Club America itu berhasil mendapat ruang untuk meneruskan umpan datar Walter Ayovi dengan sepakan spektakuler dari luar kotak penalti.

Sayangnya torehan Arroyo tersebut tetap tak sanggup menghindarkan Ekuador dari kekalahan, sementara AS berhak melenggang ke semifinal.