Tips Cerdas Agar Tidak Kehilangan Cairan Tubuh Ketika Berpuasa


Asupan cairan ke dalam badan sangat terbatas dikala puasa. Sementara cuaca panas dan kegiatan menciptakan badan kehilangan cairan tubuh lebih cepat. 

Tubuh terdiri dari 70% air supaya organ vital sanggup berfungsi dengan baik. Kekurangan cairan sanggup sebabkan gangguan dalam proses menyerupai eksresi dan pencernaan. Cairan badan juga menjaga kulit berair dan elektrolit terangkut ke seluruh tubuh. Dehidrasi ringan sanggup sebabkan sakit kepala, disorientasi dan kelelahan. Juga sanggup mengganggu fungsi kognitif otak yang diharapkan untuk beraktivitas sehari-hari. 

Beberapa tips sederhana dari expatwomanfood (8/6) ini sanggup mengatasi kehilangan cairan tubuh dikala puasa ramadan. 

1. Hindari paparan sinar matahari 


Jika terkena paparan sinar matahari eksklusif badan mulai berkeringat. Ini akan menciptakan Anda kehilangan banyak kandungan air dalam badan sehingga menciptakan kehilangan cairan tubuh dengan cepat. Panas juga akan menciptakan haus dibandingkan bila Anda berada di daerah yang teduh atau tertutup. Untuk itu, gunakan topi dan pakaian ringan yang cocok untuk kegiatan di luar. 

2. Minum air hangat 


Selama berbuka puasa, segeralah minum air. Anda harus menghindari minuman cantik dan yang bersoda. Minuman sedikit cantik masih sanggup dikonsumsi. 

3. Minum jus alami dan smoothies 


Membuat jus buah sendiri lebih gampang untuk mendapat kembali nutrisi yang telah hilang selama puasa. Konsumsi jus buah segar memberi banyak asupan vitamin, serat, dan zat besi. Selain itu, vitamin sanggup memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebaiknya jangan menambhakan gula dalam jus atau smoothies. 

4. Minuman tradisional 


Minuman tradisional menyerupai jus kurma, teh jahe, teh serai, wedang jahe atau beras kencur sanggup dikonsumsi. Kandungan rempah pada minuman ini menciptakan lambung lebuh nyaman dan kurangi gas dalam perut.

5. Hindari kegiatan berat 


Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengeluarkan energi pada siang hari. Selama berpuasa, badan mendapat energi dari masakan yang anda makan. Sementara puasa asupan terbatas. Sebaiknya gunakan stok energi yang ada dengan baik. 

6. Jangan lupa sahur 


Jangan melewatkan sahur. Karena sahur gotong royong yaitu sarapan sebagai bekal energi untuk beraktivitas sampai dikala berbuka puasa. Sahur juga mencegah Anda makan berlebihan dikala berbuka puasa yang sanggup berakibat lonjakan gula darah.