Tugu Muda Citra Semarang Dan Banyak Sekali Kenangan Era Kemudian

            

Tugu Muda yakni sebuah monumen yang dibentuk untuk mengenang jasa-jasa para jagoan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang. Tugu Muda ini menggambarkan wacana semangat berjuang dan patriotisme warga semarang, khususnya para cowok yang gigih, rela berkorban dengan semangat yang tinggi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.


Merupakan sebuah monumen bersejarah kota Semarang yang dibangun mengenang pertempuran 5 hari di Semarang. Pertempuran tersebut merupakan perlawanan terhebat rakyat Indonesia terhadap Jepang pada masa transisi.

Lawangsewu menjadi saksi bisu usaha belum dewasa muda Semarang  pada 15 Oktober 1945, sampai lalu berakhir 20 Oktober 1945. Momentum pertempuran 5 hari di Semarang, Oleh pemkot Semarang pada 10 November 1950, dibangunlah Tugu Muda sebagai monumen peringatan, dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 20 Mei 1953.


Bangunan bersejarah ini, terletak di pertemuan jalan protokoler Kota Semarang yang banyak merekam insiden penting selama lima hari pertempuran. Tugu Muda Semarang terletak di tengah persimpangan Jalan Pandanaran, Jalan Mgr Soegijapranata, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pemuda dan Jalan Dr. Sutomo.

Sebelah Utara tugu ini ini terdapat Gedung Pandanaran yang sekarang menjadi perkantoran pemkot (Pemkot) Semarang. Di sebelah Timur terdapat Lawangsewu, di sebelah selatan berhadapan dengan Museum Mandala Bhakti, dan sebelah barat terdapat Wisma Perdamaian yang merupakan rumah dinas gubernur Jawa Tengah.

Tentunya tempat ini patut di kunjungi sebagai salah satu monumen bersejarah yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Kaprikornus tunggu apalagi segera masukka tugu muda Semarang sebagai salah satu destinasi wisata. Tentunya menyenangkan bukan berwisata sambil mengenal sejarah.