Ini Dia 5 Alasan Mengapa Mobil Second Laku Keras dan Tidak Pernah Sepi Peminat




Para pecinta otomotif sudah pasti selalu mengikuti tren mobil terbaru yang sedang popular, terlebih lagi berbagai pabrikan mobil ternama selalu merilis unit terbaru dengan berbagai keunggulan terkini. Akan tetapi, sayangnya harga mobil baru terbilang mahal sehingga Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit jika ingin membeli mobil tersebut. Oleh sebab itu, mobil second dinilai sebagai solusi terbaik bagi Anda yang ingin segera memiliki mobil pribadi maupun menjadikannya sebagai koleksi namun terkendala karena masalah budget minim.

Pasar khusus mobil bekas memang sudah sejak lama menjadi alternative bagi sebagian orang agar dapat memiliki mobil sesuai keinginan, namun terkendala karena finansial pas-pasan. Selain itu, berikut ini akan kita bahas 5 alasan mengapa mobil bekas selalu laku keras dan tidak pernah sepi peminat di pasar otomotif, antara lain:

  1. Sudah menjadi hal umum bahwa alasan utama sebagian orang memilih membeli mobil dalam kondisi bekas adalah karena harganya yang lebih murah. Bahkan, tidak jarang ditemui harga tersebut bisa setengah dari harga baru.
  2. Alasan selanjutnya yaitu karena setelah Anda melakukan pembelian mobil bekas, surat-surat pembelian secara otomatis langsung dapat digunakan dan akan berbeda dengan unit mobil baru dimana Anda harus mengurus dalam waktu tertentu baru surat keterangan akan dirilis.
  3. Berikutnya meskipun membeli mobil second, namun secara otomatis fitur yang akan Anda dapatkan sama persis dengan mobil baru. Anda cukup menjaga performa agar tetap konsisten dengan melakukan perawatan secara teratur.
  4. Jika suatu saat Anda ingin mengganti unit mobil, maka biasanya penyusutan harga jual mobil bekas tidak akan sebesar mobil baru, sehingga tentu saja Anda tidak akan terlalu rugi besar pada saat menjualnya kembali.
  5. Jika Anda mampu memilih unit mobil dengan cermat dan teliti, maka kualitas mobil tersebut tidak akan jauh berbeda dengan mobil baru. Namun, untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas Anda harus memeriksa secara mendetail agar beruntung.

Ada banyak faktor yang akan mempengaruhi kualitas mobil bekas, seperti kondisi pemakai sebelumnya maupun beberapa komponen didalam mobil tersebut. Tidak ada salahnya Anda menanyakan asal usul mobil kepada penjual untuk mengetahui riwayat mobil yang akan Anda beli, karena jika resikonya terlalu tinggi seperti mobil berasal dari dealer rawan banjir dan bencana alam, maka sebaiknya urungkan niat dan pilihlah unit lain yang minim resiko.

Pameran mobil bekas saat ini juga sering diadakan dalam momen tertentu, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai performa mobil bekas agar dapat lebih selektif sebelum melakukan transaksi. Umumnya jika pada saat pameran, harga mobil bekas yang ditawarkan juga akan lebih rendah sehingga jika cocok Anda dapat langsung membayar dan membawa pulang unit mobil bekas tersebut.

Demikian ulasan mengenai 5 alasan mengapa mobil second masih tetap laku keras dan tidak pernah sepi peminat di pasaran. Beberapa alasan diatas, umumnya juga tidak hanya berlaku bagi para kolektor pecinta roda empat, namun, bagi pasangan atau keluarga yang kondisi finansialnya belum stabil, biasanya juga akan memilih mobil bekas sebagai solusi kendaraan keluarga. Untuk menjaga keawetan baik secara eksterior maupun interior agar tetap dalam kondisi prima, Anda sebaiknya selalu melakukan pengecekan secara rutin. Atau akan lebih baik jika menetapkan tanggal servis maupun perawatan secara rutin agar mobil selalu dapat digunakan dengan maksimal dan terjamin kenyamanan serta keamanannya.